Sabtu, 08 Juli 2017

SURGA PENUH ARTI

            “Maaf mas, lagi nunggu bus ya? Kok dari tadi aku lihat sendirian aja disini?” seorang cewek menghampiri cowok di halte sebelah warung.
            “Iya mbak. Bus ke arah barat banyak, tapi ke timur belum ada yag lewat sama sekali?”
            “Setahuku, kalau diatas jam 7 emang udah gak ada bus lagi, yang ke barat itu bus pulang ke garasi mas.”
            “Oalah, terus ada bus lagi jam berapa ya mbak? Bus-bus kecil juga gakpapa.”
            “Kurang tau juga mas, pernah aku naik bus dari sini jam 1 petang.”
            “Waduh, lama banget mbak.”
            “Mas mau pergi jauh?”
            “Pengen pulang kampung mbak.”
            Cewek ini manggil temennya cowok yang nongkrong di warung. “Ted, kamu gak bercita-cita nganterin mas ini balik? Kasihan lo gak ada bus.”
            “Males lah Mel, ngapain ngurusin orang gak kenal?” cowok ini balik ke warung lagi.
            “Gimana ya? Aku anter balik mau mas? Atau ke rumah temenmu yang paling deket.”
            “Hmm... Gakpapa ini? Tapi aku malu banget mbak.”
            “Nyatai aja mas. Eh, mas namanya siapa?”
            “Yayan. Mbaknya?”
            “Amel, panggil Amel aja mas. Kasihan kamu, aku lihat 1 jam disini.”
            ”2 jam malahan mbak. Terus temennya Amel tadi gimana?”
            “Oh, Teddy? Biarin. Ngilang juga bisa itu setan.” Amel ketawa.
            Selama perjalanan naik motor, mereka berdua terus ngobrol.
            “Maaf ya mbak, kamu yang harus nyetir. Aku capek banget, takutnya ngantuk di jalan.”
            “Mbak lagi. Udah, gakpapa. Amel aja, aku masih SMA tau.”
            “Nanti minta nomor HP nya boleh gak? Aku hutang nyawa sama Amel.”
            “Boleh, nanti. Eh mas, kamu kedinginan ya gara-gara jaketnya aku pakek? Suaranya geter gitu.”
            “Hehe...”
            “Tapi jangan peluk lo ya.”
            “Gak berani nyentuh. Sumpah dah.”
            “Ya ya ya... Aku gak bayangin kamu mas. Udah capek, gak pakek jaket, gak pakek helm, untung masih kaos kakian.”
***
            “Ted, Teddy... Sini deh.”
            “Apaan Mel?”
            “Lihat itu cowok di depan gerbang! Cowok yang aku anter pulang kemarin lusa bukan ya?”
            “Cowok yang hampir bikin kamu mati itu? Iya kayaknya. Wah, masih punya muka juga itu orang. Harus dikasih pelajaran.”
            “Heh, kamu mau ngapain?”
            “Jangan nyamperin dia!! Disana panas!! Awas aja kamu!!”
            “Enggak, enggak. Aku telpon aja.”
            Tuuttt.... “Halo Amel.”
            “Mas Yayan ngapain di depan gerbang sekolahku?”
            “Gakpapa, main aja. Hari ini cuma kuliah sampek siang. Pulang bareng yuk.”
            “Aku pulang sama Teddy mas.”
            “Motoran?”
            “Enggak, naik taxi.”
            “Aku bawa mobil kok, sekalian pulang bertiga sama temenmu gakpapa Mel.”
            Didalem mobil, Teddy mulai pembicaraan. “Mas, kamu cowok gak tau malu kemarin ya? Kok masih berani nunjukin muka?”
            “Kamu pacarnya Amel ya? Maaaaf banget, udah ngrepotin.” Yayan merasa bersalah.
            “Abis nganterin kamu, Amel langsung sakit tau! Lihat nih, mukanya masih pucat, gara-gara kamu!” Teddy marah.
            “Udah Ted, udah ya?” Amel negur sambil peluk tangannya Teddy. “Teddy cuma temenku mas, bukan pacar.”
***
            “Ini mas Yayan tiap hari anter jemput aku, gakpapa kah?”
            “Gakpapa Amel, kata tante juga kan kamu gak bisa kena panas. Kebetulan aku ada mobil. Gak masalah.”
            “Sekali-kali naik taxi sama Teddy gakpapa mas. Mama terlalu berlebihan, jangan didengerin.”
            “Teddy lagi, hmm... Itu artinya mamamu sayang.”
            “Hah, mama sering berisik. Nyebelin.”
            “Tapi beneran lo, muka Amel pucat terus tiap hari.”
            “Gakpapa mas, jangan ikut-ikutan mama deh. Emang mukaku kayak gini, mau diapain lagi coba?
            Hening beberapa saat.....
            “Amel?”
            “Mm?”
            “Kalau aku serius sama kamu, boleh gak?”
            “Serius apanya mas?”
            “Ya serius Amel, aku sama kamu.”
            “Jangan ya mas, kamu belum kenal aku.”
            “Jangan apa?”
            “Jangan serius mas, aku nyaman temenan kayak gini.”
***
            Di halaman rumah, Amel lagi hujan-hujanan. Yayan sama Teddy cuma duduk di teras.
            “Eh Teddy, kok kamu nggak nglarang Amel ujan-ujanan? Biasanya kamu suka nglarang-nglarang dia.” Yayan masih agak sebel sama Teddy.
            “Terserah dia mas. Dia gak pernah bisa main sama matahari, biarin dia seneng sama ujan.” Teddy senyum, dia gak bisa ngalihin pandangannya dari Amel.
            “Kalau dia sakit?”
            “Dia udah sakit mas. Coba kamu lihat senyumnya, puas banget. Lucu, kayak gak pernah mandi setahun.”
            Amel nyamperin Yayan sama Teddy, “Ayo! Kalian gak ada yang mau ikut main?”
            “Mel, jari-jarimu kenapa itu?” Yayan lihat jari tangan Amel putih keriput dan jari kakinya membiru.
            Dengan sabarnya, Teddy memberi 2 handuk buat telapak tangan dan badan Amel. Teddy menuntun Amel masuk ke rumah, naik ke lantai 2, sampek depan kamarnya.
            “Lah, lah, mau diapain itu anak orang?” Yayan ngikutin sampek ruang tamu.
            Teddy nemenin Yayan duduk di ruang tamu. Yayan langsung nanyain Teddy, “Ted, kenapa kamu gak macarin Amel sekalian?”
            “Mas, mas. Kamu sok polos atau gimana sih? Siapa yang mau hidup sama Amel?”
            “Eh, kok kamu kasar banget?”
            “Kamu lihat Amel sakit kan? Dia sakit lupus.”
            “Maksudnya apa nih?!”
            “Kamu belum tau kalau Amel sakit lupus? Dia bisa mati kapan aja! Tau?!”
            “Itu mulut dijaga ya!”
            “Lah, emang bener dia mau mati. Aku sayang sama Amel sebatas adek aja. Aku mikir realistis dong, mau dikemanain masa depanku kalau sama dia?”
            “Wah, parah mulutnya ini orang.”
            Gak berapa lama, Amel udah selesai ganti baju dan keluar kamar. “Kalian ngobrolin apa sih? Kok pada tegang mukanya?”
            Tanpa basa-basi, Teddy bawa minumannya ke teras.
            “Kamu gakpapa Mel?” Yayan nyamperin Amel di bawah tangga.
            “Gakpapa mas.” Amel senyum pucat.
            “Teddy kenapa sih Mel? Nyebelin banget.” Yayan masih kesal.
            “Haha, kenapa kenapa?”Amel berusaha santai.
            “Dia kasar banget waktu bahas kamu.”
            “Gakpapa kok, Teddy orangnya emang kayak gitu.”
            “Masak kamu sakit lupus, tapi dianya malah kayak gitu.”
            “Kamu udah tau rupanya. (Amel senyum kecil) Emang dia harus gimanain aku mas? Bapakku bukan. Pacarku bukan.”
            “Ya gimana kek. Katanya sayang sama kamu, tapi oragnya malah kayak gitu.”
            “Kamu mau ngomong apa sih mas? Kamu pengen dia gimana? Aneh kamu itu.”
            “Aku sendiri juga bingung Mel.”
            “Jangan cepat menilai seseorang. Aku percaya semua orang itu baik, Cuma cara nyampeinnya aja yang beda-beda.”
            Yayan megang tangan Amel dan gak bisa bilang apa-apa.
            “Kamu lihat mas. Kelihatannya dia jahat sama aku. Kalau lagi deket kayak gini, dia cuek, kayak gak peduli. Soalnya dia udah tau aku ada dimana, sama siapa, lagi ngapain. Coba kalau lagi jauh, tiap menit chat aku, dia selalu khawatir, dia gak pernah percaya kalau aku bilang aku baik-baik aja.”
            “Kamu suka sama dia?”
            “Enggak lah. Mana berani aku suka sama orang mas. Keadaanku aja kayak gini. Kalian berdua udah cukup jadi surga ku disini.”
            “Tapi aku suka sama kamu, aku cintanya sama kamu Mel.”
            “Hmm, diulang lagi. Jangan mas, jangan suka sama aku.”
            “Aku serius Amel. Aku pengen cuma aku surganya kamu.”

            Setelah Amel lulus sekolah, Yayan menikahi Amel.

0 komentar:

Posting Komentar