Sabtu, 02 April 2016

KI KD Matematika SMA Peminatan Kurikulum 2013 K13

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)

MATA PELAJARAN
MATEMATIKA (PEMINATAN)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SMA/MA (PEMINATAN)

KELAS: X

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan  prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.                Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem  persamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
4.1     Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
3.2     Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
4.2     Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
3.3     Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
4.3     Menyajikan dan  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma

3.4     Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
4.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
3.5     Menjelaskan vektor, operasi vektor,  panjang vektor, sudut antarvektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga

4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor,  panjang vektor, sudut antarvektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga




KELAS: XI

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri
4.1     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri
3.2     Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

4.2     Menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
3.3     Menganalisis irisan kerucut (lingkaran, ellips, parabola, dan hiperbola)

4.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan kerucut (lingkran, ellips, parabola, dan hiperbola) 
3.4     Menjelaskan polinom dan melakukan operasi pada polinom (penjumlahan dan perkalian)
4.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada polinomial
3.5     Menganalisis keterbagian dan faktorisasi polinom

4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktorisasi polinomial
3.6     Menganalisis secara analitis hubungan antarlingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan dua lingkaran

4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan secara analitis antarlingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan dua lingkaran
3.7     Menjelaskan jumlah Riemann untuk menentukan hampiran integral tentu suatu fungsi aljabar non-negatif
4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jumlah Riemann untuk menghampiri luas daerah tertutup
3.8     Menjelaskan Teorema Dasar Kalkulus yang mengaitkan integral tentu dan  integral tak tentu 

4.8     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tentu fungsi aljabar menggunakan Teorema Dasar Kalkulus
3.9     Menjelaskan  integral tentu yang berkaitan dengan  luas daerah
4.9     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas daerah menggunakan integral tentu




KELAS: XII

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan dan menentukan  limit fungsi trigonometri
4.1     Menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
3.2     Menjelaskan dan menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

4.2     Menyelesaikan masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
3.3     Menjelaskan asimtot (datar dan tegak) kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri

4.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan asimtot (datar dan tegak) fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
3.4     Menjelaskan turunan fungsi trigonometri

4.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
3.5     Menjelaskan keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri
4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi trigonometri
3.6     Menjelaskan keberkaitanan turunan kedua suatu fungsi dengan titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi  trigonometri
4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi  trigonometri
3.7     Menjelaskan dan menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial
4.7     Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
3.8     Menjelaskan karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan data berdistribusi normal
4.8     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  distribusi normal dan penarikan kesimpulannya


0 komentar:

Posting Komentar