Sabtu, 02 April 2016

KI KD Matematika SD Kurikulum 2013 K13

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

(SD/MI)

MATA PELAJARAN
 MATEMATIKA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SD/MI

KELAS: I

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1     Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2     Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2     Menuliskan lambang bilangan  sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat

3.3     Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3     Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya  dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4     Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4     Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan  penjumlahan dan pengurangan bilangan  yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

3.5     Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.5     Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
3.6     Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
4.6     Mengklasifikasi bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret 
3.7     Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
4.7     Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
3.8     Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
4.8     Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam  satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
3.9     Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu  menggunakan benda/ situasi konkret
4.9     Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu


KELAS: II

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.  Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1     Membaca dan menyajikan bilangan  cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
3.2     Membandingkan dua bilangan cacah

4.2     Mengurutkan bilangan-bilangan   dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3     Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3     Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.4     Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
4.4     Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

3.5     Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang

4.5     Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
3.6     Menjelaskan dan menentukan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6     Melakukan pengukuran panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.7     Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4  menggunakan benda-benda konkret

4.7     Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret
3.8     Menjelaskan dan menentukan jarak antara dua tempat dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.8     Mengukur jarak antara dua tempat dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.9     Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
4.9     Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
3.10   Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
4.10   Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
3.11   Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret
4.11   Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret



KELAS: III

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya”.  Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.  

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1     Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan  sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.2     Menjelaskan penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4) pada garis bilangan
4.2     Menggunakan penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) pada garis bilangan
3.3     Menyatakan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3     Menyajikan suatu bilangan sebagai  jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.4     Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
4.4     Menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
3.5     Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
4.5     Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
3.6     Menjelaskan dan menentukan  lama waktu  suatu kejadian berlangsung
4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung

3.7     Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk  panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
3.8     Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret
4.8     Menyelesaikan masalah  luas dan volume dalam satuan tidak baku  dengan menggunakan benda konkret
3.9     Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
4.9     Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
3.10   Menganalisis keliling bangun datar

4.10   Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  keliling bangun datar
3.11   Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
4.11   Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
3.12   Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.12   Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
3.13   Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam bentuk gambar  
4.13   Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam bentuk gambar



KELAS: IV

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model konkret
4.1     Mengidentifikasi  pecahan-pecahan senilai  dengan gambar  dan model konkret
3.2     Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
4.2     Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
3.3     Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3     Menyelesaikan masalah  penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
3.4     Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
4.4     Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
3.5     Menjelaskan bilangan prima
4.5     Mengidentifikasi bilangan prima
3.6     Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.7     Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7     Menyelesaikan masalah  pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
3.8     Menganalisis segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan

4.8     Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.9     Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga

4.9     Menyelesaikan masalah berkaitan dengan  keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
3.10   Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.10   Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
3.11   Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
4.11   Membaca data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.12   Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
4.12   Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat



KELAS: V

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga)  bilangan cacah
3.2     Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
4.2     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
3.3     Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan

4.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan
3.4     Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu
4.4     menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu
3.5     Menjelaskan posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angin

4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angina
3.6     Menjelaskan skala melalui denah

4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah
3.7     Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
3.8     Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
4.8     Membuat jaring-jaring  bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

3.9     Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
4.9     Mengidentifikasi data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
3.10   Menjelaskan penyajian data  yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
4.10   Mengorganisasikan dan menyajikan data  yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis



KELAS: VI

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.       Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
4.1     Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk mengggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari
3.2     Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

4.2     Menyelesaikan masalah yang berkaitan  dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
3.3     Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk
4.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah dan/atau bilangan pecahan dalam berbagai bentuk
3.4     Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
4.4     Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
3.5     Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

4.5     Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
3.6     Menjelaskan diagonal bidang dan diagonal ruang suatu bangun ruang
4.6     Mengidentifikasi diagonal-diagonal  bidang dan diagonal ruang suatu bangun ruang
3.7     Menganalisis prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. 
4.7     Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
3.8     Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.8     Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
3.9     Menjelaskan dan menentukan modus, median, dan mean dari data tunggal
4.9     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah



2 komentar: