KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH
TSANAWIYAH
(SMP/MTs)
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SMP/MTs
KELAS:
VII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,
“Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching),
yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat
(positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan
beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan bulat
besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan
bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif
|
3.4 Menjelaskan dan menyatakan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, menggunakan masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan
|
3.5 Menjelaskan dan melakukan operasi biner pada himpunan
menggunakan masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada
himpunan
|
3.6 Menjelaskan
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk
aljabar
|
3.7 Menjelaskan dan melakukan operasi pada bentuk aljabar
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
pada bentuk aljabar
|
3.8 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel dan penyelesaiannya
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
3.9 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama
dan berbeda)
|
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
3.10 Menganalisis perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data,
grafik, dan persamaan
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
3.11
Menganalisis aritmetika
sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara)
|
4.11 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
3.12 Menjelaskan sudut, jenis sudut, hubungan antar sudut,
cara melukis sudut, membagi sudut, dan membagi garis
|
4.12 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut dan
garis
|
3.13 Menganalisis hubungan antar sudut
sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
4.13 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong
oleh garis transversal
|
3.14 Manganalisis berbagai bangun datar segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga berdasarkan sisi, sudut, dan hubungan antar sisi dan antar sudut
|
4.14 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun
datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
3.15 Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas
segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan
layang-layang) dan segitiga
|
4.15 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
3.16 Menganalisis hubungan antara data dengan cara
penyajiannya (tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram
lingkaran)
|
4.16 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran
|
KELAS:
VIII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,
“Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching),
yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menentukan pola pada barisan bilangan dan
barisan konfigurasi objek
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
3.3 Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan
fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik,
diagram, dan persamaan)
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
|
3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan
menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua
variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel
|
3.6 Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
3.7 Menurunkan rumus untuk menentukan keliling
dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran
|
3.8 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan
luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
|
3.9 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
|
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
|
3.10 Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prima dan limas),
serta gabungannya
|
3.11 Menjelaskan hubungan antara diagonal ruang, diagonal
bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar
|
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun
ruang sisi datar menggunakan hubungan diagonal ruang, diagonal bidang, dan
bidang diagonal
|
3.12 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai
rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
4.12 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai
rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
3.13 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian
dari suatu percobaan
|
4.13 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu
kejadian dari suatu percobaan
|
KELAS: IX
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu,
“Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching),
yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
|
3.2 Menjelaskan
persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan
grafik
|
4.3 Menyajikan fungsi
kuadrat menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
|
3.4 Menjelaskan hubungan
antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
4.4 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
3.5 Menjelaskan
transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
3.6 Menjelaskan
dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun
datar
|
3.7 Menurunkan
rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung,
kerucut, dan bola)
|
4.7 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa
bangun ruang sisi lengkung
|
0 komentar:
Posting Komentar