KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
(SMA/MA)
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA
(PEMINATAN)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SMA/MA (PEMINATAN)
KELAS:
X
Tujuan
kurikulum mencakup empat
kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem persamaan dua variabel (linear-kuadrat dan
kuadrat-kuadrat)
|
4.1 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan dua variabel (linear-kuadrat
dan kuadrat-kuadrat)
|
3.2 Menjelaskan
dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
4.2 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan
kuadrat-kuadrat)
|
3.3 Mendeskripsikan
dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
|
4.3 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
|
3.4 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan
rasional dan irasional satu variabel
|
4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu
variabel
|
3.5 Menjelaskan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antarvektor dalam
ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
|
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antarvektor dalam
ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
|
KELAS:
XI
Tujuan
kurikulum mencakup empat
kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami ,menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian persamaan trigonometri
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri
|
3.2 Menurunkan
rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan rumus
jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
3.3 Menganalisis
irisan kerucut (lingkaran, ellips, parabola, dan hiperbola)
|
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan irisan kerucut (lingkran, ellips, parabola, dan
hiperbola)
|
3.4 Menjelaskan
polinom dan melakukan operasi pada polinom (penjumlahan dan perkalian)
|
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pada
polinomial
|
3.5 Menganalisis keterbagian dan faktorisasi
polinom
|
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan faktorisasi polinomial
|
3.6 Menganalisis
secara analitis hubungan antarlingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas
daerah irisan dua lingkaran
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan secara
analitis antarlingkaran, garis singgung persekutuan, dan luas daerah irisan
dua lingkaran
|
3.7 Menjelaskan
jumlah Riemann untuk menentukan hampiran integral tentu suatu fungsi aljabar
non-negatif
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan jumlah Riemann untuk menghampiri luas daerah
tertutup
|
3.8 Menjelaskan
Teorema Dasar Kalkulus yang mengaitkan integral tentu dan integral tak tentu
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tentu fungsi aljabar menggunakan
Teorema Dasar Kalkulus
|
3.9 Menjelaskan integral tentu yang berkaitan dengan luas daerah
|
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas daerah
menggunakan integral tentu
|
KELAS:
XII
Tujuan
kurikulum mencakup empat
kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menjelaskan dan
menentukan limit fungsi trigonometri
|
4.1 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
|
3.2
Menjelaskan dan menentukan limit di
ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
|
4.2 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan eksistensi limit di ketak-hinggaan fungsi aljabar
dan fungsi trigonometri
|
3.3
Menjelaskan asimtot (datar dan
tegak) kurva fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
|
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan asimtot (datar dan tegak) fungsi aljabar dan
fungsi trigonometri
|
3.4
Menjelaskan turunan fungsi
trigonometri
|
4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi trigonometri
|
3.5 Menjelaskan
keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum,
dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi
trigonometri
|
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva fungsi
trigonometri
|
3.6 Menjelaskan keberkaitanan
turunan kedua suatu fungsi dengan titik belok dan selang kecekungan kurva
fungsi trigonometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan titik belok dan selang kecekungan kurva fungsi trigonometri
|
3.7
Menjelaskan dan menentukan
distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial
|
4.7 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan distribusi
peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
|
3.8
Menjelaskan karakteristik data
berdistribusi normal yang berkaitan dengan data berdistribusi normal
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
|
0 komentar:
Posting Komentar